Gaya hidup halal merupakan tren baru yang mulai berkembang di masyarakat
Indonesia terutama masayarakat muslim. Banyak masyarakat muslim yang mulai
menerapkan gaya hidup halal karena munculnya kesadaran untuk menerapkan
syariat agama Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk keimanan kepada
Allah SWT dengan menghindarkan diri dari perbuatan dosa, dan juga untuk
menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi barang yang halal. Perkembangan
penerapan gaya hidup halal yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia
karena peran tokoh agama dan juga komunitas-komunitas muslim yang secara aktif
melakukan kampanye untuk menerapkan gaya hidup halal dengan memberikan
informasi berupa edukasi terkait hukum halal dan haram. Kampanye ini terus
dilakukan karena kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia terhadap
pentingnya penerapan gaya hidup halal. Jika dilihat sebagai negara dengan
mayoritas penduduk muslim, penerapan gaya hidup halal di Indonesia dinilai cukup
tertinggal. Salah satu komunitas yang aktif melakukan kampanye gaya hidup halal
adalah Halal Corner. Halal Corner memanfaatkan media sosial Instagram sebagai
media kampanye gaya hidup halal dengan memberikan informasi seputar gaya
hidup halal kepada masyarakat. Instagram digunakan sebagai media kampanye
karena Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan masyarakat
Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi model kampanye gaya
hidup halal yang tepat agar dapat mempengaruhi masyarakat muslim untuk
menerapkan gaya hidup halal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan menggunakan metode mixed methods, pengumpulan data menggunakan
observasi, kuesioner, dan wawancara, dan analisis data menggunakan analisis
visual dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah
pemaparan strategi kampanye gaya hidup halal yang tepat untuk Instagram akun
Halal Corner berupa model kampanye.
Kata Kunci : Kampanye, Gaya Hidup Halal, Media Sosial, Halal Corner