PERANCANGAN SISTEM KLASIFIKASI HASIL PANEN TOMAT DENGAN TEKNOLOGI IOT

MOCHAMMAD TRIANTO RAMADHANI

Informasi Dasar

60 kali
23.04.2392
006.22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tanaman dan buah hasil panen merupakan hal yang dicari oleh banyak orang termasuk untuk mencakupi kebutuhan tubuh sebagai sumber vitamin dan mineralnya. Hasil panen dari pertanian pun sudah menjadi bahan ekspor terbesar untuk di Indonesia ini, para pembudidaya bisa mendapatkan penghasilan dalam membudidayakan tanaman dan buah-buahan. Hasil panen tomat yang sudah didapat memerlukan perhatian dalam masa penyimpanan, karena kematangan dari tiap hasil panen tomat memiliki kematangan yang bermacam-macam. Kualitas warna yang dimiliki pun akan mempengaruhi tingkat kematangannya.

Sangat diperlukannya pemantauan untuk kualitas dan kuantitas kematangan hasil panen dalam masa penyimpanan, biasanya para pembudidaya memantau secara manual, dengan ketidakpastian hasil yang didapat. Sebagai cara untuk para pembudidaya melakukan pemantauan kualitas dan jumlah hasil panen berdasarkan tingkat kematangan secara mudah ialah perlunya pembuatan alat untuk mengklasifikasikannya secara otomatis yang bisa mengetahui secara pasti data dari jumlah hasil panen, dan juga alat yang bisa memantau secara real time. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dirancang sebuah alat yang dapat membaca kualitas hasil panen secara real time melalui teknologi Internet of Things.

Setelah perancangan sistem selesai, dilakukannya pengujian alat untuk mengetahui keberhasilan dari alat yang telah dibuat. Hasil yang didapat dari pengujian alat dapat dilihat melalui aplikasi pengguna mengenai kuantitas buah dan tingkat kematangan berdasarkan watna pada hasil panen tomat. Pengujian dari penelitian inipun mendapat nilai akurasi yang baik yaitu sebesar 98%. Perancangan alatpun telah terbilang lebih fleksibel dengan ukuran alat tidak terlalu besar, yang memiliki ukuran panjang 95cm, lebar 17cm, dan tinggi 20cm.

Kata Kunci: Tomat, klasifikasi, kematangan, Internet of Things, aplikasi

Subjek

EMBEDDED SYSTEM
INTERNET OF THINGS,

Katalog

PERANCANGAN SISTEM KLASIFIKASI HASIL PANEN TOMAT DENGAN TEKNOLOGI IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMMAD TRIANTO RAMADHANI
Perorangan
Khilda Afifah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TEI3I3 - PEMROGRAMAN PERANGKAT IOT
  • TEI4G3 - PERANCANGAN SISTEM TERTANAM
  • TEI3C3 - SENSOR DAN AKTUATOR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini