Deteksi Kepribadian Pengguna Media Sosial Twitter menggunakan Metode Support Vector Machine

SALSABILA ANZA SALASA

Informasi Dasar

115 kali
23.04.2555
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepribadian adalah kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku sosial tertentu, baik berupa perasaan, berpikir, bersikap, dan berkehendak maupun perbuatan. Big Five merupakan model kepribadian yang paling populer dan banyak digunakan, oleh karena itu proposal kali ini menggunakan model BigFive Personality. Pada era teknologi seperti sekarang, manusia melakukan interaksi menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang paling cepat pertumbuhannya  adalah Twitter. Twitter merupakan media sosial yang digunakan oleh semua kalangan. Setiap manusia pasti mempunyai kepribadian yang berbeda – beda. Deteksi kepribadian dibutuhkan untuk misalnya rekrutmen karyawan guna menggali informasi tentang kepribadian calon karyawannya. Maka deteksi kepribadian atau BigFive Personality dapat dilakukan melalui tweet yang dibagikan di Twitter. Dengan ini perlu adanya deteksi kepribadian menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Dari hasil penelitian didapatkan kombinasi parameter untuk kinerja maksimal pada pendeteksian kepribadian pada pengguna Twitter yaitu kombinasi antara parameter Linier dan C=10 yang mendapatkan akurasi sebesar 0.979. Data yang digunakan adalah hasil crawling pada situs Twitter dengan 146 username pengguna dan 38853 tweet.

 

Kata Kunci: Kepribadian; BigFive; Media Sosial; Twitter; SVM

Subjek

DATA SCIENCE
SOCIAL MEDIA-MASS MEDIA,

Katalog

Deteksi Kepribadian Pengguna Media Sosial Twitter menggunakan Metode Support Vector Machine
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA ANZA SALASA
Perorangan
Warih Maharani, Erwin Budi Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika - Pindahan
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini