Collaborative Filtering dengan Teknik Dimension Reduction dan Clustering untuk Produk E-Commerce

DAFFA BARIN TIZARD RIYADI

Informasi Dasar

97 kali
23.04.2579
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan pengguna internet selama dekade terakhir menyebabkan peningkatan penggunaan e-commerce. Kesuksesan e-commerce dipengaruhi dengan adanya sistem pemberi rekomendasi. Collaborative Filtering (CF) adalah salah satu metode sistem pemberi rekomendasi yang paling sering digunakan. Namun dalam kasus riil, permasalahan sparsity sering terjadi. Hal ini umumnya disebabkan karena hanya sebagian kecil user yang memberikan rating terhadap item. Dalam penelitian ini, penelitian ini menggunakan pemanfaatan metode clustering dan dimension reduction pada Amazon Review Dataset untuk mengatasi masalah sparsity. Metode clustering dengan K-Means digunakan untuk mengelompokkan user berdasarkan preferensi item. Sedangkan, metode Singular Value Decomposition (SVD) digunakan sebagai metode dimension reduction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpaduan SVD dan K-Means ini berhasil untuk memprediksi rating dengan nilai RMSE lebih kecil dari 2, peningkatan performa yang signifikan dibandingkan penelitian sebelumnya. Penggunaan SVD terbukti mampu mengatasi sparsity, dengan penurunan RMSE sebesar 9.372%.

Subjek

DATA SCIENCE
FILTERING,

Katalog

Collaborative Filtering dengan Teknik Dimension Reduction dan Clustering untuk Produk E-Commerce
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAFFA BARIN TIZARD RIYADI
Perorangan
Z K Abdurahman Baizal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini