ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ONLINE MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN LONG SHORT-TERM MEMORY

PIETER EDWARD RIWU

Informasi Dasar

86 kali
23.04.2588
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Online marketplace kini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Ditambah dengan pandemi yang sempat terjadi yang mengharuskan masyarakat untuk banyak beraktivitas di rumah dan semakin mempercepat perkembangan online marketplace. Kenaikan aktivitas di aplikasi online marketplace diiringi dengan bertambahnya ulasan maupun keluhan yang diberikan oleh pengguna. Dengan memanfaatkan hasil analisis sentimen, online marketplace dapat menentukan strategi bisnis dan pemasaran yang dilakukan. Penelitian ini mengimplementasikan metode klasifikasi Long Short-Term Memory dengan pendekatan ekstraksi fitur Wor2Vec serta metode klasifikasi Support Vector Machine sebagai pembanding. Di akhir penelitian ini dengan mengevaluasi performa dari kedua model, didapatkan akurasi Support Vector Machine sebesar 89,3% dan pada metode Long Short-Term Memory dengan akurasi sebesar 88,5%.

Kata kunci: Analisis Sentimen, Long Short-Term Memory (LSTM); Support Vector Machine (SVM), Word2vec, TF-IDF

Subjek

DATA SCIENCE
DATA ANALYSIS,

Katalog

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ONLINE MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN LONG SHORT-TERM MEMORY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PIETER EDWARD RIWU
Perorangan
Kemas Muslim Lhaksmana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini