Air merupakan kebutuhan dasar yang harus didapatkan oleh setiap manusia. Di Indonesia air untuk kebutuhan masyarakat dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum untuk cakupan Kabupaten dan Kota. Selain oleh PDAM, air untuk masyarakat dapat dikelola oleh Perusahaan Air Minum Desa yang mengelola distribusi air bersumber dari mata air di desa tersebut salah satunya PAMDES Sindangsari. Kondisi saat ini terkait pengelolaan data pelanggan, pencatatan meter air, dan administrasi masih dilakukan secara manual menggunakan buku fisik yang dimana sangat rentan untuk rusak atau hilang. Selain itu, dari segi efisiensi waktu pencatatan meter air secara manual menjadikan waktu pencatatan lebih lama dari mulai proses pembacaan meter air hingga menjadi tagihan air untuk bulan berikutnya.
Berdasarkan masalah tersebut, maka diusulkan sebuah solusi yang dapat melakukan pembacaan dan pencatatan angka meter air pada PAMDES Sindangsari secara real-time tanpa harus melakukan pencatatan manual dan merekap data hasil pencatatan ke dalam file excel. Sistem tersebut berupa aplikasi mobile yang dapat beroperasi pada sistem android. Sehingga petugas PAMDES dapat melakukan pencatatan meter air secara fleksibel, real time, dan efisien.
Hasil dari penelitian menyatakan bahwa Aplikasi mobile pencatatan meteran air telah selesai dibuat dengan baik dan memiliki tingkat kelayakan sebesar 84,7% berdasarkan hasil pengujian beta yang telah dilakukan. Selain itu, kuisioner dinyatakan valid untuk setiap pertanyaan yang diajukan dan dinyatakan reliabel dengan indeks sedang yakni sebesar 0,571. Dampak yang dihasilkan terhadap pelayanan PAMDES Sindangsari, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pencatatan meter air hingga mengeluarkan tagihan air untuk bulan berikutnya dapat dipangkas menjadi lebih singkat hanya 3-4 hari kerja. Sehingga petugas PAMDES dapat memberikan pelayanan lebih pada proses lainnya seperti pemeliharaan jalur air.
Kata Kunci: Mobile, Pamdes, React Native