Kebutuhan dasar manusia harus selalu terpenuhi, salah satunya adalah air. Pengelolaan mata air di Desa Sindangsari dikelola oleh PAMDES Sindangsari. Management billing PAMDES Sindangsari masih dilakukan secara manual, hal tersebut dinilai menjadi suatu permasalahan. Kesalahan pencatatan, kerusakan fisik atau kehilangan proses pencatatan, serta kurangnya efisiensi juga merupakan permasalahan utama yang dihadapi PAMDES Sindangsari. Pada pembuatan laporan riwayat pencatatan meter air dan cetak rekening tagihan pelanggan di PAMDES Sindangsari membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu, untuk mencari pencatatan meter air pada tahun sebelumnya juga sulit, karena masih mencatat secara manual. Jadi dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengelola meter air yang efektif dan menghasilkan keluaran yang sesuai dengan PAMDES Sindangsari.
Berdasarkan masalah di atas, ditawarkan solusi agar pengelolaan dan pencatatan PAMDES Sindangsari lebih optimal dari kondisi saat ini. Solusi yang ditawarkan adalah website sistem informasi pencatatan meter air. Dengan menggunakan solusi ini, pengelolaan dan pencatatan meter air bisa lebih optimal. Solusi ini juga menghilangkan rasa khawatir akan kerusakan atau kehilangan riwayat pencatatan meter air yang sudah dilakukan, dan solusi ini menambah efisiensi petugas PAMDES Sindangsari dalam mengelola data meteran air. Website sistem informasi ini membantu petugas PAMDES Sindangsari dalam mengelola data pencatatan meter air menjadi informasi riwayat pencatatan pada saat itu juga.
Sistem informasi pencatatan meter air memiliki tolak ukur kesuksesan, diantaranya sistem informasi pencatatan meter air dapat menyimpan data pencatatan meter air dan juga dapat mencetak rekening tagihan pelanggan setiap bulannya. Pada sistem informasi pencatatan meter air ini memiliki hasil pengujian yaitu, pengujian alpha dengan keberhasilan 100% dan Pengujian Beta dengan hasil presentasi kelayakan website yang telah dibuat sebesar 80,5. kuisisoner valid dan reliable yang berarti pengujian berjalan dengan baik.