Implementasi Permainan Balok Shape Fitting Berbasis Internet of Education Things untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun

HILMI TRIANDI NURACHMAD

Informasi Dasar

62 kali
23.04.2619
004.678
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

 

Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Pada dasarnya, perkembangan motorik berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak. Sehingga, setiap gerakan sesederhana apapun adalah merupakan hasil dari pola interaksi yang kompleks yang dikontrol oleh otak. Salah satu kemampuan motorik adalah motorik halus, motorik halus adalah gerakan yang melibatkan otot-otot kecil dan tidak begitu perlu menggunakan tenaga. Aspek yang terdapat pada motorik halus salah satunya visual motor integration, yang merupakan kemampuan untuk menghubungkan apa yang mereka lihat dengan apa yang mereka pegang. Pada usia 3 s/d 4 tahun, aktivitas motorik halus yang dilakukan anak yaitu, dapat terlibat dalam permainan aktif dalam jangka waktu yang lebih lama. Anak sekarang memiliki kontrol lebih terhadap benda dengan berbagai bentuk dan ukuran. Untuk mendukung kemampuan motorik halus pada anak usia 3 s/d 4 tahun dengan cara menstimulus aktivitas anak dengan bermain dan belajar. Salah satu permainan yang dapat membantu dalam perkembangan motorik halus dengan kamampuan memegang dan menaruh sesuai dengan bentuk adalah permainan balok shape fitting yang terintegrasi dengan teknologi Internet of Things (IoT), IoT memberikan kemampuan system untuk melakukan pembacaan, perekaman, dan evaluasi aktivitas dengan mengirimkan hasil dari stimulus motorik halus secara online yang dapat diakses oleh orang tua.

 

 

Kata kunci: Motorik halus, Visual motor Integration, Internet of Things (IoT),

 

                                                                                                                                                                                                  

Abstract

 

Motor development is the process of growth and development of a child's ability to move. Basically, motor development develops in line with the maturity of the nerves and muscles of the child. Thus, every movement, no matter how simple, is the result of a complex pattern of interactions controlled by the brain. One of the motor skills is fine motor skills, fine motor skills are movements that involve small muscles and do not really need to use energy. One aspect of fine motor skills is visual motor integration, which is the ability to connect what they see with what they hold. At the age of 3 to 4 years, fine motor activities carried out by children, namely, can be involved in active games for a longer period of time. Children now have more control over objects of various shapes and sizes. To support fine motor skills in children aged 3 to 4 years by stimulating children's activities by playing and learning. One of the games that can help in the development of fine motor skills with the ability to hold and place according to shape is the shape fitting block game which is integrated with Internet of Things (IoT) technology, IoT provides the ability of the system to read, record, and evaluate activities by sending results of fine motor stimuli online that can be accessed by parents.

 

Keywords:  Fine motor, Visual motor Integration, Internet of Things (IoT),

Subjek

INTERNET OF THINGS
MOTORIK,

Katalog

Implementasi Permainan Balok Shape Fitting Berbasis Internet of Education Things untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HILMI TRIANDI NURACHMAD
Perorangan
Hilal Hudan Nuha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CSH4373 - INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini