Analisis Sentimen Kendaraan Listrik Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Logistic Regression Dan Principal Component Analysis

YOUGA PRATAMA

Informasi Dasar

256 kali
23.04.2647
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Analisis sentimen twitter merupakan cara untuk mengidentifikasi pendapat, reaksi, penilaian, evaluasi, dan emosi seseorang terhadap topik tertentu pada media sosial twitter. Pendapat atau bisa disebut opini ini dapat dikategorikan menjadi positif atau negatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini masyarakat terhadap kendaraan listrik pada media sosial twitter lebih mengarah ke positif atau ke negatif. Data yang diperoleh sebanyak 1874 tweets dengan data terbagi menjadi data training dan data testing pada ratio 80:20. Data diklasifikasikan menggunakan metode Logistic Regression (LR), dan Principal Component Analysis (PCA) sebagai optimasi dalam meningkatkan akurasi. Di dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa sekitar 86,9% opini yang ada bersifat positif, dan 13,1% opini bersifat negatif terhadap topik kendaraan listrik. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan algoritma Logistic Regression didapatkan akurasi terbaik sebesar 87,9%, dan setelah dioptimalkan dengan menggunakan Principal Component Analysis akurasi terbaik yang didapat meningkat menjadi 90%.

Kata Kunci: Analisis sentiment, kendaraan listrik, twitter, Logistic Regression, Principal Component Analysis

Subjek

Machine Learning
DATA ANALYSIS,

Katalog

Analisis Sentimen Kendaraan Listrik Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Logistic Regression Dan Principal Component Analysis
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOUGA PRATAMA
Perorangan
Danang Triantoro Murdiansyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini