Abstrak
Analisis sentimen twitter merupakan cara untuk mengidentifikasi pendapat, reaksi, penilaian, evaluasi, dan emosi seseorang terhadap topik tertentu pada media sosial twitter. Pendapat atau bisa disebut opini ini dapat dikategorikan menjadi positif atau negatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini masyarakat terhadap kendaraan listrik pada media sosial twitter lebih mengarah ke positif atau ke negatif. Data yang diperoleh sebanyak 1874 tweets dengan data terbagi menjadi data training dan data testing pada ratio 80:20. Data diklasifikasikan menggunakan metode Logistic Regression (LR), dan Principal Component Analysis (PCA) sebagai optimasi dalam meningkatkan akurasi. Di dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa sekitar 86,9% opini yang ada bersifat positif, dan 13,1% opini bersifat negatif terhadap topik kendaraan listrik. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan algoritma Logistic Regression didapatkan akurasi terbaik sebesar 87,9%, dan setelah dioptimalkan dengan menggunakan Principal Component Analysis akurasi terbaik yang didapat meningkat menjadi 90%.
Kata Kunci: Analisis sentiment, kendaraan listrik, twitter, Logistic Regression, Principal Component Analysis