REVERSIBLE WATERMARKING PADA CITRA MENGGUNAKAN TEKNIK PENYISIPAN DOMAIN INDEPENDEN

IBROHIM AL HANIF

Informasi Dasar

70 kali
23.04.2711
600
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemudahan mendapatkan dan menyebarkan informasi mendorong terjadinya pelanggaran hak cipta. Watermarking digunakan untuk melindungi hak cipta dan keaslian dari suatu citra. Watermarking bekerja dengan cara menyisipkan informasi tertentu ke dalam citra. Informasi tersebut dapat dideteksi kembali untuk membuktikan kepemilikan dari citra tersebut. Terdapat banyak metode watermarking yang telah diusulkan, namun diperlukan metode yang tahan terhadap serangan (robust) dan dapat mengembalikan citra asli tanpa terdapat kerusakan (reversible) terutama untuk citra yang bersifat sensitif.

Tugas Akhir ini merancang sistem watermarking berdasarkan teknik penyisipan domain independen. Skema yang menjadi acuan tersebut merupakan skema yang memiliki sifat robust dan reversible. Terdapat dua tahap pada proses embedding yaitu, tahap robust embedding dan tahap reversible embedding. Proses watermarking dimulai dengan membagi citra ke dalam dua bagian, yaitu low-pass dan high-pass. Lalu, melakukan dua tahap embedding pada embedding domain yang berbeda. Domain ­low-pass digunakan untuk robust-embedding dan domain high-pass digunakan untuk reversible embedding. Tahap akhir adalah melakukan rekonstruksi dengan menyatukan komponen low-pass dan high-pass sehingga menghasilkan citra watermarked yang bersifat robust dan reversible. Pengujian kinerja sistem watermarking dilakukan dengan memberikan berbagai serangan.

Hasil kinerja teknik penyisipan domain independen didapatkan dengan melakukan pengujian sebelum dan sesudah diberikan serangan. Pengujian tanpa serangan dilakukan pada citra watermarked untuk mengetahui imperseptibilitas skema yang digunakan. PSNR citra watermarked didapatkan hasil dengan rata-rata sebesar 42,98dB. Selain itu, skema yang digunakan juga berhasil mengembalikan citra host dan watermark yang disisipkan dengan PSNR ekstraksi inf serta BER sebesar 0%. Pengujian disertai serangan mendapatkan hasil terbaik dengan rata-rata persentase BER sebesar 8% pada PSNR ~34dB.

Kata Kunci: Watermarking, Robust Reversible Watermarking, Independent Embedding Domain

Subjek

DIGITAL WATERMARKING
 

Katalog

REVERSIBLE WATERMARKING PADA CITRA MENGGUNAKAN TEKNIK PENYISIPAN DOMAIN INDEPENDEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IBROHIM AL HANIF
Perorangan
Ledya Novamizanti, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4K3 - STEGANOGRAFI DAN WATERMARKING
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini