ANALISIS INDOOR POSITIONING SYSTEM (IPS) MENGGUNAKAN RECEIVED SIGNAL STRENGTH (RSS) DAN SPRING MODEL UNTUK VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (VLC)

ISTI FASYA

Informasi Dasar

23.04.2721
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi wireless communication memiliki banyak jenis, salah satunya visible light communication (VLC). VLC merupakan teknologi yang menggunakan media transmisinya itu cahaya dari lampu Light Emitting Diode (LED). IPS mampu menentukan lokasi benda atau objek yang kecil. Saat berada di dalam ruangan, sering terjadi perubahan posisi pada suatu benda atau objek. Hal ini memunculkan teknologi baru, yaitu IPS yang berfungsi untuk penentuan posisi di dalam ruangan pada objek atau perangkat yang memiliki detektor di dalamnya, seperti penentuan posisi smartphone, perangkat yang memiliki sensor, dan sebagainya.

Pada penelitian ini, telah melakukan analisis dengan meningkatkan akurasi pada IPS menggunakan metode Triangulasi yaitu Received Signal Strength (RSS) dan dioptimasi dengan Spring Model, pada ruangan berukuran  yang terdiri dari 4 skenario dengan jumlah transmitter sebanyak 3 LED pada posisi yang berbeda dan jumlah receiver sebanyak 15 PIN, dengan tujuan ditemukan posisi lampu LED yang cocok sehingga menghasilkan akurasi yang akurat dan memiliki nilai eror yang kecil.

Hasil extensive simulasi menunjukan bahwa yang dapat mempengaruhi akurasi pada penelitian ini yaitu selisih jarak asli transmitter dan receiver terhadap jarak estimasi transmitter dan receiver. Ketika jarak antara transmitter dan receiver semakin jauh maka kekuatan sinyal akan melemah sehingga sinyal terima tidak akan sama seperti saat dikirim. Hasil simulasi menunjukan skenario terbaik berada pada skenario 3 pada posisi transmitter berada dititik koordinat  (0,5; 4; 3), (2,5; 0,5; 3), (4,5; 4,5; 3) terdeteksi 15 receiver dengan radius dibawah 1 meter dan mendapatkan akurasi sebesar 86,84% serta mengalami peningkatan setelah dioptimasi menjadi 99,62%.

Subjek

Transmisi Telkom
Signal - communication engineering,

Katalog

ANALISIS INDOOR POSITIONING SYSTEM (IPS) MENGGUNAKAN RECEIVED SIGNAL STRENGTH (RSS) DAN SPRING MODEL UNTUK VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (VLC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ISTI FASYA
Perorangan
Akhmad Hambali, Brian Pamukti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4O3 - WIRELESS OPTICAL COMMUNICATION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini