Di Indonesia, banyak orang mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris, Mereka beranggapan bahwa pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sulit dipelajari oleh masyarakat umum padahal bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Hal ini berhubungan dengan motivasi belajar siswa yang rendah. Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris maka dibangun aplikasi game edukasi dengan fitur agen pedagogis menggunakan metode strategic scaffolding. Aplikasi ini akan menemani dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris tingkat dasar. Untuk menilai dampak agen pedagogis yang disematkan pada game edukasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maka dilakukan penelitian eksperimen menggunakan pre-posttest design dengan tambahan modifikasi kuesioner MSLQ sebagai indikator penilaian agen dalam pengujian metode strategic scaffolding. Melalui metode pendekatan agen strategic scaffolding, perbandingan tingkatan motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran game edukasi serta agen pedagogis lebih baik daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran game edukasi tanpa agen.