IMPLEMENTASI KUNCI PINTAR BERBASIS IoT DENGAN METODE KEAMANAN BLOCKCHAIN

MILA FEBRINA

Informasi Dasar

49 kali
23.06.339
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

 

Pencurian merupakan kejahatan yang sering terjadi dalam lingkungan masyarakat. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pencurian, salah satunya cara yaitu memasuki rumah melalui pintu. Pintu merupakan akses utama untuk memasuki kedalam rumah yang bersifat pribadi, dimana yang dapat memasuki hanya pemilik rumah atau orang dapat diberi izin untuk masuk kedalam atau keluar rumah. Pintu yang tidak memiliki sistem keamanan yang baik maka akan muda untuk dimasuki orang lian yang nantinya dapat merugikan bagi pemilik rumah.

Berdasarkan pemaparan diatas, pada proyek akhir ini akan di implentasikan smart lock atau kunci pintar menggunakan konsep IoT (Internet of Things). Dimana pada pintu pintar akan menggunakan solenoid door lock  yang berfungsi pembuka atau penutup kunci pintu,  sedangkan untuk prototype yaitu dengan raspberry pi. Raspberry pi akan membaca sinyal dari website yang didalamnya terdapat blockchain  yang terhubung dengan internet.

Dengan dilakukan Proyek Akhir akan dapat mempermudah pengguna dalam membuka kuci dan mengunci pintu melalui website dengan disediakanya tombol close dan open. Serta dapat menjaga keamanan pintu dengan menggunakan private blockchain sebagai sistem keamanan dalam kunci pintu pintar (smart lock).

Kata Kunci: IoT, blocknain, website, smart lock.

Subjek

BLOCKCHAIN
IOT NETWORKING TECHNOLOGY,

Katalog

IMPLEMENTASI KUNCI PINTAR BERBASIS IoT DENGAN METODE KEAMANAN BLOCKCHAIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MILA FEBRINA
Perorangan
Denny Darlis, Aris Hartaman
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini