Media sosial Youtube seringkali digunakan sebagai wadah bagi para penggunannya menuangkan kreativitas dalam berekspresi, berbagi, dan mendapatkan informasi secara virtual melalui konten video yang tersebar. Youtube juga dimanfaatkan penggunanya sebagai media pembelajaran serta promosi. Jenis konten yang dibuat pada Youtube sangat beragam, namun tidak semua video dapat menarik audience. Untuk pembuatan konten, diperlukan ide yang menarik agar diminati audience. Salah satu cara dalam mengumpulkan suatu ide adalah dengan melakukan kolaborasi.
Berdasarkan hal tersebut, melalui penelitian ini penulis akan menganalisis aktivitas kolaborasi yang dilakukan oleh seorang creator youtube mampu berpengaruh dalam pengembangan konten atau content development pada setiap video dari masing-masing youtuber yang berkolaborasi serta mengetahui dampak kolaborasi terhadap peningkatan engagement. Metode yang digunakan adalah Social Network Analysis (SNA) dengan mengambil data pada media sosial youtube dengan visual code dan diproses penggunakan Gephi Versi 09.
Data pada penelitian ini menggunakan meta data youtube yang terdiri atas data jumlah video, viewers, comment, dan likes dengan periode pengambilan data selama 1 tahun mulai dari November 2021 – November 2022. Kemudian data di olah sehingga dapat terbentuk pola kolaborasi antar youtuber kolaborasi dan videonya. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas kolaborasi mampu membangun content development dengan melihat interaksi komentar audience terhadap suatu konten serta meningkatkan engagement video.