ANALISIS PENGARUH E- SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY BLIBLI.COM DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Generasi Z Dan Milennial Di Kota Bandung)

ANDRE RAMADHAN SIPAYUNG

Informasi Dasar

156 kali
23.04.2851
025.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK
Pertumbuhan jumlah internet di Indonesia menjadikan peluang bisnis di industri e- commerce semakin menjanjikan. Hal ini didukung dengan data pertumbuhan penjualan melalui e- commerce yang semakin meningkat juga. Blibli.com merupakan salah satu e-commerce dengan platform B2C bersaing didalam industri dengan selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen sehingga terciptanya kepuasan konsumen yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian kembali di aplikasi Blibli.com. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap customer loyalty Blibli.com melalui customer satisfaction.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tingkat penjelasan eksplanatori atau eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Blibli.com yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini merupakan 100 responden yang memiliki kriteria yaitu generasi Z yang pernah melakukan pembelian di aplikasi Blibli.com. Teknik dalam penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Bernoulli. Analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa customer loyalty (X) berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction (Z) dengan besar pengaruh adalah 53,1%. Lalu variabel customer satisfaction (Z) berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty (Y) dengan besar pengaruh adalah 54,4%. Sedangkan variabel e-service quality (X) berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty (Y) dengan besar pengaruh 49,7%. Sementara itu,besarnya pengaruh pada variabel e-service quality (X) terhadap customer loyalty (Y) melalui customer satisfaction (Z) sebesar 37,9%.
Kata Kunci : E-Service Quality , Customer Loyalty, Customer Satisfaction

Subjek

E-COMMERCE
CUSTOMER LOYALTY,

Katalog

ANALISIS PENGARUH E- SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY BLIBLI.COM DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Generasi Z Dan Milennial Di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRE RAMADHAN SIPAYUNG
Perorangan
R Amalina Dewi Kumalasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KBI452 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini