Persaingan pada e-wallet di Indonesia semakin tinggi. Dalam menghadapi persaingan tersebut perusahaan dituntut untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif dalam menghadapi pesaingnya. Loyalitas pelanggan sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk dapat tetap bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan yang mengeluarkan e-wallet lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Gopay di Kota Bandung.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan model regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online melalui google form hingga 100 responden. Teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat diketahui, bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Diantara dua variabel independen, variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terbesar dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan. Artinya Gopay harus terus mengupgrade kualitas layanannya agar mendapatkan posisi kompetitif di sektor e-wallet.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.