ABSTRAK
Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi organisasi terhadap loyalitas anggota di Toastmasters International. tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh komunikasi organisasi terhadap loyalitas anggota baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas anggota di Toastmasters International.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan menggunakan analisis data kuantitatif yang bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota aktif toastmasters international distrik 87, dengan jumlah responden sebanyak 327 orang. Metode analisis penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana dan alat analisis yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel komunikasi organisasi termasuk dalam kategori cukup baik, sedangkan loyalitas anggota dalam kategori cukup baik. Hasil analisis linear berganda dapat disimpulkan bahwa variabel variasi produk, positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota di Toastmasters International distrik 87 baik secara parsial maupun simultan. s
Kata Kunci: Hubungan Masyarakat, Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Loyalitas Anggota, Public Speaking,