Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Lazada Indonesia

FASA MAULIDAN HAKIM

Informasi Dasar

280 kali
23.04.2977
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era digital yang berkembang semakin pesat ini teknologi mengambil peranan penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga kegiatan masyarakat tidak luput dari kegiatan belanja online. Tingginya nilai transaksi e-commerce dan kenaikan tingkat pengunjung web bulanan e-commerce sejak masa pandemi merepresentasikan bahwa minat beli pada platform e-commerce sedang meningkat. Saat e-commerce lain memperoleh kenaikan minat beli pada penggunanya, Lazada mengalami penurunan minat beli pada penggunanya. Hal tersebut direpresentasikan dengan penurunan angka kunjungan web bulanan Lazada yang menurun signifikan sejak tahun 2018.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengalaman pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli ulang baik secara simultan, maupun secara parsial pada E-Commerce Lazada Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini ialah pengguna yang pernah melakukan pembelian pada E-Commerce Lazada Indonesia yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 400 orang.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan telah melalui serangkaian pengujian yang meiputi uji validitas, reabilitas, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terbagi menjadi uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2) yang mengungkapkan adanya pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan diantara ketiga variabel tersebut. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, penelitian ini memperoleh persamaan Y= -0,493 + 0,183X1 + 0,304X2. Hasil pada uji koefisien determinasi (R2) merepresentasikan bahwa pengalaman pelanggan dan kepercayaan pelanggan mempengaruhi minat beli ulang sebesar 62,3% sedangkan 37,7% lainnya dipengaruhi faktor lain.

Setelah dilakukan penelitian, adapun saran yang diberikan agar Lazada terus meningkatkan variabel pengalaman pelanggan dan kepercayaan pelanggan hingga mencapai kategori sangat baik, memperbaiki dan meningkatkan sense experience dengan membuat tampilan aplikasi yang menarik dan tidak membingungkan, memperbaiki dan meningkatkan keamanan aplikasi serta memberikan edukasi kepada penggunanya mengenai betapa pentingnya menjaga kode OTP untuk tidak dibagikan.

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
CONSUMER BEHAVIOR,

Katalog

Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Lazada Indonesia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FASA MAULIDAN HAKIM
Perorangan
Farah Oktafani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KBI1H3 - PEMASARAN
  • KBI2L3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini