PENGEMBANGAN PERILAKU NPC KECOA PADA GAME BERSIH - BERSIH “PICK IT UP” DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE

ALIFIA FAIRUZ ZHAHIRA

Informasi Dasar

83 kali
23.04.3008
793.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan signifikan di dunia pendidikan untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi sebagai media pembelajaran dapat dikemas dalam berbagai konsep. Salah satunya yaitu berupa game edukasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang lebih modern, efektif, inovatif, dan efisien guna meningatkan minat belajar siswa dan pemahaman siswa dalam proses belajar.

Untuk menciptakan game edukasi yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak anak, pada pembuatan permainan Pick it Up ini ditambahkan beberapa NPC (Non-Playable Character) pendukung serta misi yang harus diselesaikan. Dengan ini memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang di masyarakat sebagai media untuk pembelajaran mengenai kebersihan lingkungan dengan menggunakan game edukatif sebagai sarana pembelajaran tentang kebersihan. Pengembangkan basic game edukatif Pick It Up yang memerlukan rancangan perilaku menggunakan algoritma Finite State Machine, bertujuan untuk mewujudkan tujuan edukatif dari game ini.

Hasil dari penelitian ini adalah semua fitur pada rancangan permainan yang dikembangkan telah berhasil diimplementasikan serta berfungsi dengan baik, terlebih metode finite state machine yang diterapkan pada perilaku NPC. NPC berhasil berpatroli secara otomatis pada saat game dimulai dan ketika player mendekat dengan nilai rata-rata berdasarkan jawaban responden adalah 89% (keterangan = normal). Tingkat kesulitan permainan pun mendapatnya nilai rata-rata 63% dan 50% (keterangan = mudah). Permainan Pick it Up yang dikembangkan ini berhasil manarik minat bagi anak-anak yang memainkannya serta konten edukasi “Kebersihan Lingkungan” pada permainan ini dapat dengan mudah dipahami oleh anak

Kata Kunci: Finite State Machine, Game Edukasi. Kebersihan, Media Pembelajaran.

Subjek

GAME
 

Katalog

PENGEMBANGAN PERILAKU NPC KECOA PADA GAME BERSIH - BERSIH “PICK IT UP” DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFIA FAIRUZ ZHAHIRA
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Ashri Dinimaharawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TKI4K3 - PEMROGRAMAN GAME

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini