Pendidikan formal diperlukan untuk membangun karakter kehidupan anak dengan memberikan pengetahuan. Pendidikan formal bisa didapatkan oleh setiap anak termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Pendidikan yang didapat oleh anak berkebutuhan khusus tidak sama dengan anak normal lainnya, melainkan melalui pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB). SLB sering kali kurang diperhatikan oleh masyarakat. Dampaknya, fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan anak berkebutuhan khusus kurang terorganisir dengan baik. SLB-B Sukapura merupakan salah satu sekolah luar biasa yang melayani anak berkebutuhan khusus tunarungu dan wicara yang terletak di Bandung, Jawa Barat. SLB-B Sukapura belum memenuhi perancangan yang sesuai dengan standarisasi sekolah luar biasa dan belum disesuaikan dengan karakter serta kebutuhan dari jenjang setiap peserta didik. Dengan adanya kebutuhan dari setiap jenjang pendidikan dan adanya karakter dari peserta didik dapat membantu untuk mengidentifikasi standar SLB yang diperlukan dan dari hasil identifikasi tersebut, akan ditemukan fungsi ruang, bentuk ruang dan tata letak ruang yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter peserta didik tunarungu. Sehingga dapat menjadi skematik desain baru bagi SLB-B Sukapura Bandung. Kata Kunci: SLB-B Sukapura, Anak Berkebutuhan Khusus, Perancangan Interior