RANCANGAN PRODUK URBAN ACTIVEWEAR UNTUK PEREMPUAN BERTUBUH BESAR

MICHAELA ROULI MARGARETA SIAHAAN

Informasi Dasar

153 kali
23.04.3103
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Activewear adalah style pakaian kasual yang didesain untuk kegiatan berolahraga atau rekreasi. Menurut artikel yang dikeluarkan oleh Global Busniess Guide Indonesia, activewear adalah salah satu kategori paling dinamis dalam penjualan produk-produknya secara global. Di Indonesia, activewear mencatat peningkatan nilai 10% sejak tahun 2013 dan diprediksi akan semakin meningkat hingga beberapa tahun kedepan. Trend activewear ini berkembang di segala lapisan masyarakat urban, apapun bentuk tubuh dan tingkat sosial mereka. Namun merek-merek retail besar masih menitik beratkan penjualan produk mereka pada size yang berukuran kecil dan sedang (S dan M). Namun, penelitian yang dilakukan oleh Sanjaja dan Sudikno (2012) mengenai Prevalensi Gizi Lebih dan Obesitas Penduduk Dewasa di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa masyarakat di perkotaan (urban) memiliki IMT (Indeks Massa Tubuh) di atas rata-rata dimana perempuan berusia 20-30 tahun memiliki tingkat berat badan berlebih yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Dari sini penulis membaca trend pasar untuk perempuan bertubuh besar dengan ukuran L-XXL yang membutuhkan variasi penampilan dengan membuat koleksi urban activewear yang fashionable dengan inspirasi yang diambil dari sub-trend “Affix” yang diambil dari buku Indonesia Trend Forecasting 2017-18. Trend “Affix” ini adalah variasi teknik pasang dan sambung untuk menggabungkan material yang berbeda, permainan olah bahan yang dapat memperkaya penampilan dengan komposisi warna netral. Koleksi ini diharapkan dapat membantu mereka dalam mengekspresikan diri dengan padu-padan busana activewear yang terdiri dari luaran yang dapat di bongkar pasang untuk menjadi atasan dan bawahan dan dapat menunjukkan penampilan stylish. Produk akhir yang akan dirancang ditujukan untuk perempuan urban yang memiliki kegiatan bervariatif setiap harinya membuat mereka membutuhkan pakaian yang dapat dipergunakan untuk beberapa situasi. Kata kunci: urban, activewear, plus size, fashion Abstract Activewear is a casual clothing style designed for sport or recreation activities. According to an article released by Global Busniess Guide Indonesia, activewear is one of the most dynamic categories in selling its products globally. In Indonesia, activewear has recorded a 10% increase since 2013 and is predicted to increase over the next few years. This activewear trend develops in all walks of urban society, regardless of their body shape and social level. However, major retail brands are still focused on selling their products to small and medium size (S and M). Research conducted by Sanjaja and Sudikno (2012) on Prevalence of Overweight and Obesity of Adult Population in Indonesia, concluded that urban people have BMI (Body Mass Index) above average where women aged 20-30 years old has a higher excess body weight than men. From here the authors read the market trends for curvy women at the size of L-XXL who need a variety of appearances by creating a fashionable urban activewear collection with inspiration taken from the sub-trend "Affix" taken from Indonesia Trend Forecasting book 2017-18. "Affix" trend is a variety of pairs and connecting techniques to combine different materials, game though materials that can enrich the look with neutral color composition. This collection is expected to help them in expressing themselves with solid-fashion matching activewear clothing that can be dismantled pairs to become superiors and subordinates and can show a stylish appearance. The final product that will be designed is aimed for urban women who have various activities everyday making them need clothes that can be used for any situations. Keywords: urban, activewear, plus size, fashion

Subjek

PATTERNMAKING
 

Katalog

RANCANGAN PRODUK URBAN ACTIVEWEAR UNTUK PEREMPUAN BERTUBUH BESAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MICHAELA ROULI MARGARETA SIAHAAN
Perorangan
Faradillah Nursari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini