ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan tingkat penjualan secara drastis yang dialami oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya IG Grosir. Penyebab penurunan tersebut terjadi karena banyaknya kompetitor baru yang cukup besar dan juga perubahan situasi yang diakibatkan setelah covid-19. Setiap UMKM dituntut untuk menemukan strategi alternatif baik melalui strategi faktor internal maupun faktor eksternal untuk mempertahankan eksistensi penjualannya.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan memberikan usulan strategi pemasaran kepada IG Grosir, melalui identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT), analisis 7P (Price, Product, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence), PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi), dan STP (segmenting, targeting, positioning).
Penelitian dilaksanakan menggunakan paradigma fenomenologis dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara kepada pemilik, staf marketing, dan konsumen IG Grosir dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah dibuat.
Hasil analisis terhadap data yang terkumpul dapat dirumuskan empat usulan strategi yaitu: 1) SO Strategi : Melakukan promosi secara lebih agresif dengan cakupan konsumen yang lebih luas melalui kebijakan penganggaran khusus promosi, 2) WO Strategi : Mulai memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, 3) ST Strategi : Mengupayakan menjaga loyalitas konsumen dan memanfaatkannya sebagai promosi word of mouth, dan 4) WT Strategi : Mengupayakan pengelolaan SDM dan Keuangan secara profesional dan menganggarkan biaya promosi. Berdasarkan matrik IFE dan EFE posisi IG Grosir berada pada posisi sedang bertumbuh sehingga strategi yang diusulkan adalah intensif dan integratif
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Bisnis, SWOT