STRATEGI PENGEMASAN PROGRAM RADIO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN SUMBER INFORMASI SERTA HIBURAN MASYARAKAT DI ERA DIGITAL (Studi Kasus pada Program “Happy Pagi” sebagai Program Unggulan Urban 106,3 FM Radio Bandung)

MAHESWARA SULISTYO UTOMO

Informasi Dasar

120 kali
23.04.3164
621.384
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Radio merupakan media massa yang masih hadir bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ataupun hiburan. Namun, eksistensi radio kian terkikis akibat kehadiran media baru. Konsep inovatif bisa menjadi solusi bagi radio untuk bertahan, terutama dari sisi program yang ditawarkan. Strategi pengemasan program yang tepat dapat menjadi suatu hal yang penting untuk tetap menjaga ketertarikan dan loyalitas dari para pendengar radio. Bermula dari tekad untuk memberikan pilihan serta meningkatkan kembali daya tarik radio yang siap bersaing dengan media lain, radio Urban ‘URang BANdung’ hadir sebagai radio masif dan berfokus pada generasi pop anak muda/generasi muda. Konsep menghibur menjadi penawaran melalui program yang dihadirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengemasan program dalam menjadi sumber informasi serta hiburan di era digital melihat dari program “Happy Pagi”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan paradigma kontruktivisme serta pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengemasan program radio yang dilakukan program “Happy Pagi” dapat memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan dengan berbagai konten yang dihadirkan. Program tersebut juga aktif dalam sosial media dan peran penyiar dalam membawakan program serta komunitas khusus yang dibuat membentuk loyalitas bagi para pendengar sehingga menjadi program unggulan di Urban radio.

Kata Kunci: Radio, Program, Informasi, Hiburan, Digital

Subjek

RADIO BROADCASTING
RADIO - TRANSMISSION AND TRANSMITTERS,

Katalog

STRATEGI PENGEMASAN PROGRAM RADIO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN SUMBER INFORMASI SERTA HIBURAN MASYARAKAT DI ERA DIGITAL (Studi Kasus pada Program “Happy Pagi” sebagai Program Unggulan Urban 106,3 FM Radio Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAHESWARA SULISTYO UTOMO
Perorangan
Adrio Kusmareza Adim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU
  • SK612283 - MANAJEMEN MEDIA
  • SK515103 - MANAJEMEN PROGRAM SIARAN RADIO
  • SK612263 - PRODUKSI PROGRAM RADIO
  • COH3P4 - PRODUKSI PROGRAM RADIO
  • SK812036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini