AKSI CANCEL CULTURE SEBAGAI REAKSI WARGANET DALAM MENYEIMBANGKAN TATANAN SOSIAL (Analisis Wacana Kritis Norman Fairglouch Pada Kasus Gofar Hilman)

RAYHAN MUHAMMAD AZMI

Informasi Dasar

154 kali
23.04.3168
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan yang terjadi pada tatanan sosial masyarakat menciptakan adanya budaya baru yang saat ini menjadi perhatian khusus yaitu cancel culture. salah satu kasus cancel culture yang terjadi pada Gofar Hilman telah menjadi indikasi perlunya tatanan sosial terhadap aksi cancel culture. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis Norman Fairglouch dengan berfokus pada dimensi "4 steps of social wrong" yang berguna untuk mencari solusi atas adanya ketidakberesan sosial yang terjadi pada tatanan sosial. Selain itu, metode analisis wacana kritis bisa melihat ideologi yang telah dibangun oleh tatanan sosial dengan memberikan ideologi atau stigma kepada korban dari aksi tersebut . Aksi cancel culture yang terjadi pada Gofar Hilman karena adanya ideologi yang sengaja dilekatkan kepada Gofar Hilman karena pembangunan citra diri dan perilakunya di media sosial. di dalam penelitian ini bisa dilihat bahwa tatanan sosial membutuhkan adanya sebuah aksi cancel culture atas bentuk dari keadilan yang telah diyakini sebelumnya. hal tersebut berguna untuk bisa mempertahankan norma sosial yang sudah dibangun sejak lama oleh tatanan sosial. Selain itu, pemberian stigma negatif kepada Gofar Hilman dikarenakan bahwa tatanan sosial melihat bahwa adanya perbedaan pandangan antara Gofar Hilman dengan tatanan sosial

Kata Kunci : Gofar Hilman, cancel culture, tatanan sosial, stigma negatif

Subjek

MASS MEDIA AND CULTURE
MASS MEDIA AND BUSINESS,

Katalog

AKSI CANCEL CULTURE SEBAGAI REAKSI WARGANET DALAM MENYEIMBANGKAN TATANAN SOSIAL (Analisis Wacana Kritis Norman Fairglouch Pada Kasus Gofar Hilman)
 
ix,90p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYHAN MUHAMMAD AZMI
Perorangan
Arie Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KII3G3 - GENDER, FEMINISME, DAN MEDIA
  • SK311093 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
  • SK411103 - JURNALISTIK MEDIA
  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU
  • SK641013 - OPINI PUBLIK
  • KII3F3 - PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini