Saat ini perkembangan dunia bisnis terus maju dan mengalami perubahan, salah satu industri dengan persaingan ketat yakni industri fesyen. Dengan banyaknya produk-produk fesyen yang inovatif dan berkualitas ditambah banyaknya peminat yang ada membuat pelaku usaha di industri fesyen harus terus menjaga performanya. Salah satu toko yang bergerak di industri fesyen yakni Happinessflannel yang beroperasi di pasar Gedebage. Di tahun 2019 dan 2020, Happinessflanel mengalami penurunan penjualan. Melihat tersebut maka diperlukan analisis terkait hal yang berpotensi menyebabkan penurunan penjualan tersebut, seperti promosi dan variasi produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan variasi produk terhadap keputusan pembelian kemeja flannel di toko Happiness_flannel Gedebage Bandung.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli produk pada toko Happiness_flannel yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Pengumpulan data dilakukan selama kurang lebih dua bulan dengan metode simple random sampling atau probability sampling dan terkumpul sebanyak 104 responden yang berpartisipasi dalam pengisian kuesioner.
Teknik analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel yang diteliti adalah Promosi (X1) dan Variasi Produk (X2) sebagai variabel independent dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian analisis deskriptif menunjukan bahwa pada variabel Promosi, Variasi Produk dan Keputusan Pembelian di toko Happinessflannel Gedebage Bandung sudah termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian analisis regresi menunjukan bahwa promosi dan variasi produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk ditoko Happinessflannel dengan memberikan pengaruh sebesar 53% dan sisanya 47% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.