OPTIMALISASI ARSITEKTUR MOBILENET UNTUK PENGKLASIFIKASIAN CUACA

I DEWA AGUNG ADITYA SWA BHUWANA

Informasi Dasar

11 kali
23.04.3270
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Cuaca adalah kondisi atmosfer dengan periode waktu yang singkat. Diketahui ada beberapa jenis cuaca yaitu cuaca cerah, berawan, hujan, dan panas. Kondisi cuaca juga berpengaruh terhadap aktifitas manusia sehari-hari. Adapun beberapa sektor yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca yaitu sektor pertanian, peternakan, akuakultur, penerbangan, dan lain-lain. Perubahan cuaca yang ekstrim dengan waktu cepat, membutuhkan analisis klasifikasi cuaca yang cepat juga.

Pada penelitian ini diusulkan desain sistem klasifikasi cuaca menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) dengan arsitektur MobileNet. Selain itu, penelitian ini memanfaatkan citra digital yang berasal dari data sekunder yaitu platform Kaggle. Dengan penelitian ini dilakukan proses akuisisi citra dengan dataset yang terdiri dari 4 kelas. Kelas tersebut terdiri dari 300 citra berawan, 215 citra hujan, 253 citra cerah, dan 357 citra cerah bearwan. Dari dataset keseluruhan dibagi menjadi 80% data latih, 20% data uji.

Dalam Penelitian ini dilakukan pengujian beberapa parameter yang mempengaruhi peformansi sistem antara lain image size, optimizer, learning rate, nilai epoch, dan batch size. Dari kelima parameter tersebut diuji menjadi 5 skenario. Masing-masing skenario dipilih hasil yang paling baik. Sehingga diperoleh parameter yang optimal yaitu resize citra 224´224 pixel, optimizer Adamax, epoch 50, batch size 16 dan learning rate  0,0001. Dengan nilai akurasi sebesar 95,56% dan nilai loss 0,194.

Subjek

Image processing - signal processing
 

Katalog

OPTIMALISASI ARSITEKTUR MOBILENET UNTUK PENGKLASIFIKASIAN CUACA
 
xiii, 64p.: il.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I DEWA AGUNG ADITYA SWA BHUWANA
Perorangan
Koredianto Usman, Sofia Sa'idah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini