PRESENTASI DIRI BRAND LOKAL MELALUI PENGGUNAAN BAHASA ASING DI MEDIA SOSIAL- WRAP RESEARCSHIP

AULIA MAULIDA

Informasi Dasar

131 kali
23.04.3285
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial menjadi media yang digunakan para brand lokal untuk mempresentasikan diri mereka, salah satu caranya melalui penggunaan bahasa asing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana presentasi diri brand lokal ketika menggunakan bahasa asing di aktivitas media sosial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi Dramaturgi  kepada lima brand  lokal yakni Hijack, Byadeliasafira, Nappa Milano, Eotes dan Sch. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi literatur. Teknis analisis menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima informan menggunakan bahasa asing pada aktivitas media sosial mereka untuk menciptakan kesan brand yang mendunia dan memiliki keunggulan tersendiri dengan cara konsisten menggunakan bahasa asing pada konten dan fitur-fitur di media sosial sebagai panggung depan (front stage). Pada panggung belakang (back stage) mereka menjalankan peran aslinya terlepas dari ekspektasi atau harapan dari audiens. Peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya, untuk memilih brand di bidang yang lebih bervariasi dengan jumlah followers yang beragam sebagai parameter pembanding.

Kata kunci : Bahasa Asing, Dramaturgi, Media Sosial, Presentasi Diri

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
Personal brand,

Katalog

PRESENTASI DIRI BRAND LOKAL MELALUI PENGGUNAAN BAHASA ASING DI MEDIA SOSIAL- WRAP RESEARCSHIP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA MAULIDA
Perorangan
Iis Kurnia Nurhayati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KII1I2 - KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini