Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Privasi dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Flip.id Menggunakan Extended Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Pengguna Flip di Kota Bandung)

BAGAS ALFITO PRISMAWAN

Informasi Dasar

183 kali
23.04.3592
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan internet semakin maju yang menyebabkan fenomena percepatan globalisasi dan penyebaran informasi yang tak terhingga di internet. Kecanggihan teknologi yang berkembang menghasilkan berbagai inovasi untuk menunjang kegiatan manusia terutama pada bidang fintech. Salah satu fintech adalah Flip.id yang membantu penggunanya untuk melakukan transaksi antar bank tanpa adanya biaya admin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai tingkat penerimaan pengunaa aplikasi fintech Flip.id di Kota Bandung dengan menerapkan metode Extended Technology Acceptance Model, Kemudian mengidentifikasi tingkat pengaruh faktor perceived privacy, perceived security dan perceived trust menggunakan pendeketan Extended Technology Aceptance Model yang mempengaruhi dalam menggunakan teknologi aplikasi fintech Flip.id. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google form kepada masyarakat dengan kriteria sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk di Kota Bandung dan sudah pernah menggunakan aplikasi fintech Flip.id minimal sekali dengan sampel yang telah didapatkan pada penelitian ini sebanyak 405 responden. Teknik analisis data menggunakan PLS (Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS 4. Terdapat variabel TAM yang diukur yaitu Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Intention to Use, dan Actual System Use serta tambahan variabel lainnya yaitu Perceived Privacy, perceived Security, Perceived Trust. Berdasarkan hasil yang ditemukan pada penelitian ini tingkat penerimaan aplikasi fintech Flip.id direntang yang baik berdasarkan dengan hasil tanggapan responden pada kuesioner yaitu sebanyak 65.2% responden menggunakan aplikasi fintech Flip.id sebanyak 1-5 kali dalam sebulan, 18% menggunakan 6-10 kali dalam sebulan, dan 16.8% menggunakan lebih dari 10 kali dalam sebulan. Kemudian, tujuan penelitian yang kedua yaitu pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Privacy, perceived Security, Perceived Trust berpengaruh terhadap Intention to Use atau minat menggunakan memiliki pengaruh positif yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa faktor privasi dan keamanan mempengaruhi faktor kepercayaan sehingga faktor kepercayaan, kemudahan yang dirasakaan, kegunaan yang dirasakan mempengaruhi minat menggunakan aplikasi fintech Flip.id dan akan mempengaruhi penggunaan yang sebenarnya pada aplikasi Flip.id.

Subjek

TECHNOLOGICAL INNOVATION-ADOPTION
Technological innovation- management ,

Katalog

Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Privasi dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Flip.id Menggunakan Extended Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Pengguna Flip di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAGAS ALFITO PRISMAWAN
Perorangan
Rio Guntur Utomo, Muhammad Al Makky
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknologi Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini