ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN PRODUK PIJAR SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN E-LEARNING (STUDI KASUS DI SMK KARTIKA PADA TAHUN 2023)

MUHAMMAD RANDI FEBRIAN

Informasi Dasar

208 kali
23.06.461
658.812
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Teknologi Informasi pada saat ini dapat mengakibatkan banyak perubahan pada setiap unsur kehidupan meliputi segala aspek di banyak bidang, salah satunya dalam dunia pendidikan, Perkembangan teknologi di dunia pendidikan banyak mengalami perubahan sehingga membantu dalam proses pembelajaran di dalam dunia pendidikan, Kepuasan pelanggan merupakan peran penting dalam pemakaian aplikasi, karena pada dasarnya kenyamanan penggunaan aplikasi terutama E-Learning merupakan salah satu bentuk dari rasa kepuasan pelanggan. PT Telkom Indonesia adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia. Unit Division Business Service (DBS). Merupakan salah satu divisi yang ada pada PT.Telkom Indonesia Witel Bandung. DBS menjadi garda terdepan dalam penyebaran market di Kota Bandung.

Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif metode deskriptif. Untuk teknik sampling menggunakan metode Nonprobability Sampling dan Sampling Purposive, Populasi penelitian ini adalah SMK Kartika Bandung yang sudah menggunakan aplikasi Pijar Sekolah. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif dan juga menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfication Indeks (CSI).

Untuk hasil dari perhitungan, kenyataan terhadap kepuasan penggunaan aplikasi Pijar Sekolah di SMK Kartika adalah sebesar 90% dan berada di posisi sangat baik. Harapan terhadap kepuasan penggunaan pada aplikasi Pijar Sekolah di SMK Kartika adalah sebesar 94% dan berada di posisi sangat baik. yang berarti Pijar Sekolah sudah membantu proses pembelajaran di SMK Kartika dengan sangat baik. Hasil yang diperoleh dari matrix Importance Performance Analysis (IPA), didapatkan hasil bahwa untuk fitur data management di sekolah, pada saat pengguna menggunakan aplikasi Pijar, agar lebih ditingkatkan untuk membuat pengguna merasa senang dan juga fitur sistem data management sekolah menjadi lebih baik lagi. dilihat dari hasil perhitungan pada rumus Customer Satisfication Indeks (CSI), didapatkan hasil sebesar 83,21%, yang artinya pengguna puas terhadap penggunaan aplikasi Pijar Sekolah untuk kebutuhan pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci : Pijar Sekolah, Kepuasan Penggunaan, E-Learning, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfiaction Indeks

 

Information Technology at the moment can result in many changes in every element of life covering all aspects in many fields, one of them in the world of education, The development of technology in the education world has undergone many changes so that it helps in the process of learning in the educational world, Customer satisfaction is an important role in the use of the application, because basically the convenience of using the application especially E-Learning is one of the forms of customer satisfaction. PT Telkom Indonesia is one of the leading telecommunications service providers in Indonesia. Division of Business Services (DBS). One of them is PT Telkom Indonesia Witel Bandung. DBS became the leading guard in the spread of the market in Bandung City.

This type of rresearch uses quantitative descriptive methods. For sampling techniques using the method of Nonprobability Sampling and Purposive Sampler Take, this research population is the SMK Kartika Bandung that has already used the application Pijar School. In data collection, this study uses a questionnaire method. Data analysis techniques use descriptive analysis and also use Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index methods (CSI).

For the results of the calculation, the reality of the satisfaction of using the Pijar Sekolah application at SMK Kartika is 90% and is in a very good position. Expectations for the satisfaction of using the Pijar Sekolah application at SMK Kartika are 94% and are in a very good position. The results obtained from the Importance Performance Analysis (IPA) matrix, obtained the result that for the data management feature at school, when users use the Pijar application, it should be further improved to make users feel happy and also the features of the school data management system are even better. seen from the calculation results in the Customer Satisfication Index (CSI) formula, the result is 83.21%, which means that users are satisfied with the use of the Pijar Sekolah application for learning needs at school.

Keywords : Pijar Sekolah, Usage Satisfaction, E-Learning, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfiaction Index

 

Subjek

CUSTOMER SATISFACTION
E-LEARNING,

Katalog

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN PRODUK PIJAR SEKOLAH UNTUK PEMBELAJARAN E-LEARNING (STUDI KASUS DI SMK KARTIKA PADA TAHUN 2023)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RANDI FEBRIAN
Perorangan
Leni Cahyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DMH2J3 - CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
  • VPI3D3 - MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini