Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh slack resources, profitabilitas, dan media exposure terhadap pengungkapan corporate social responsibility (studi pada perusahaan yang terdaftar di indeks kompas 100 tahun 2018- 2021). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 100 perusahaan yang Terdaftar di Indeks Kompas 100 periode 2018-2021. Pada penelitian ini, analisis data menggunakan model regresi data panel dan diolah menggunakan software Eviews 12. Hasil penelitian ini yaitu nilai pengungkapan corporate social responsibility menunjukkan bahwa perusahaan Indeks Kompas 100 tahun 2018-2021 mayoritas belum memiliki tingkat pengungkapan CSR yang baik. Slack resources yang diukur dengan menggunakan Short Term Slack yang dihitung menggunakan nilai kas dan setara kas selama tahun 2018-2021 menurut observasi penelitian mayoritas perusahaan sudah cukup efisien dalam penerimaan kas dan setara kas. Profitabilitas yang diukur dengan menggunakan ROA selama tahun 2018-2021 menurut observasi penelitian mayoritas perusahaan belum cukup efisien menggunakan aset dalam memperoleh laba. Media exposure menurut observasi penelitian mayoritas perusahaan Indeks Kompas 100 tahun 2018-2021 sudah mengungkapkan aktivitas corporate social responsibility pada website resmi perusahaan. Berdasarkan pengujuan hipotesis secara simultan dan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh kesimpulan bahwa variabel slack resources, profitabilitas, dan media exposure mempunyai pengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Berdasarkan nilai koefisien determinasi, variabel bebas yang terdiri dari slack resources, profitabilitas, dan media exposure mampu menjelaskan variabel terikat yaitu pengungkapan corporate social repsonsibility sebesar 72.33%.
Kata Kunci: Slack Resources, Profitabilitas, Dan Media Exposure, Corporate Social Responsibility