Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat berpengaruh di Internasional. Salah satu StartupStartup yang bergerak di sektor pertanian adalah A-Tani. A-Tani adalah salah satu startup alumni program WRAP Entrepreneurship tahun 2022. A-Tani sendiri ialah Startup yang bergerak di bidang pertanian sebagai distributor antara toko pertanian dan juga pabrik atau distributor utama. Pelayanan yang diberikan A-Tani meliputi stok utilitas pertanian dan juga pengantaran utilitas pertanian. Tujuan penelitian ini adalah memvalidasi value proposition pada startup A-Tani menggunakan pendekatan value proposition design dengan metode yang digunakan ialah concierge.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan dengan cara wawancara, observasi dan juga dari studi literatur yang digunakan sebagai bahan pendalaman teori dan informasi terkait topik penelitian. Narasumber dari penelitian ini berasal dari 6 informan pemilik toko pertanian yang sudah pernah dan belum pernah melakukan transaksi melalui startup A-Tani.
Penelitian ini menggunakan value proposition canvas yang bertujuan untuk menyesuaikan antara profil konsumen dan peta nilai dari pelanggan A-Tani. Hasil pada penelitian ini memberikan sebuah value proposition usulan kepada A-Tani yang didapatkan berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penulis melalui validasi yang telah dilakukan dengan menggunakan metode concierge, dengan hasil yang telah dianalisis oleh penulis terdapat penyesuaian pada profil konsumen dan peta nilai yang dapat dijadikan acuan bagi A-Tani kedepannya dalam value proposition yang dijalankan.
Kata Kunci: Value Proposition Design, Value Proposition Canvas, Customer Profile, Value Map