Banyaknya masyarakat yang menggunakan produk perawatan kulit skincare menjadi topik menarik untuk dikaji, terutama pada salah satu merek skincare lokal yang ada di Indonesia, yaitu Scarlett Whitening. Sebagai perusahaan yang masuk kategori penguasa brand produk kecantikan pertama, ternyata belum membuat Scarlett Whitening termasuk kedalam top brand award. Saat ini, banyak perusahaan yang melakukan promosi dengan cara melakukan strategi pemasaran melalui iklan dengan menggunakan brand ambassador. Sehingga perlu dilakukan kajian untuk mengetahui seberapa pengaruhnya brand ambassador mempengaruhi pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan brand ambassador Song Joong Ki terhadap impulse buying yang dimediasi oleh brand image dan brand awareness pada pengguna produk scarlett whitening. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 363 responden. Jumlah sampel diperoleh dari perhitungan uji F pada 4 variabel dengan menggunakan perangkat lunas G-power 3.1. Penelitian ini menggunakan sumber data primer, yaitu data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner google form pada sosial media Instagram dan WhatsApp, dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan SmartPLS 3.2.9. Sebelum melakukan pengolahan data, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS 24 untuk menunjukkan bahwa instrumen survei tersebut valid dan reliabel. Hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap 4 yang digunakan pada penelitian mendapatkan hasil yang valid.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap variabel yang diteliti brand ambassador, brand image, brand awareness, dan impulse buying behavior terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan. Sehingga saran yang dapat diberikan adalah untuk menambah ilmu pengetahuan pembaca mengenai brand ambassador, brand image, brand awareness, dan impulse buying, serta dapat memberikan manfaat khususnya bagi perusahaan dalam melakukan evaluasi strategi pemasaran yang akan digunakan kedepannya terutama apabila menggunakan brand ambassador.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Brand Awareness, dan Impulse Buying, SmartPLS, Scarlett Whitening