PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN KOMITE AUDIT, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTAT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2018-2021

JIHAN FIJRIA RAHMADHIANY

Informasi Dasar

2 kali
23.04.3696
338.749
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan di dunia bisnis semakin unik dan beraneka ragam, baik dari sisi produksi maupun dari sisi pemasaran. Sehingga, perusahaan yang bergerak di bidang serupa perlu bersaing secara adil demi mempertahankan bisnisnya. Salah satu hal yang dapat dijadikan fokus perusahaan dalam bersaing yaitu peningkatan pada nilai perusahaan yang dijadikan sebagai standar bagi perusahaan untuk berkembang. Nilai perusahaan yang tinggi memberi asumsi bahwa para pemegang saham diberi kemakmuran oleh perusahaan dibuktikan dari tingginya harga saham serta laba yang diperoleh lewat pengelolaan serta pengawasan yang telah sesuai.

            Dilakukannya penelitian ini memiliki fokus untuk menganalisis serta mengetahui pengaruh dari kepemilikan institusional (INST), dewan komisaris independen (KKI), keahlian akuntansi dan keuangan komite audit (KA), serta profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (PBV). Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari Bursa Efek Indonesia, laporan tahunan, serta laporan keuangan perusahaan.

            Populasi yang digunakan merupakan sektor properti dan real estat yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu dan terdapat data outlier sehingga diperoleh hasil sebanyak 33 perusahaan, dengan total sampel penelitian sebanyak 132 data observasi selama 4 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel yang diolah menggunakan software Eviews 12.

            Hasil penelitian mengindikasikan bahwa secara simultan, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, serta profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial, kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh signifikan. Namun, dewan komisaris independen dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

            Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam mengambil keputusan untuk dominan dalam memiliki kepemilikan saham oleh pihak institusi serta komite audit dengan keahlian di bidang akuntansi dan keuangan. Dengan tujuan, memiliki tingkat pengawasan yang efektif terhadap manajemen dan memiliki kualitas informasi laporan keuangan yang baik.

 

Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Keahlian Akuntansi dan Keuangan Komite Audit, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Subjek

GOOD CORPORATE GOVERNANCE
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN KOMITE AUDIT, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTAT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2018-2021
 
ix, 118p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JIHAN FIJRIA RAHMADHIANY
Perorangan
Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE
  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini