Usaha coffee shop menjadi suatu fenomena yang berkembang pada saat ini. Usaha coffee shop diminati oleh masyarakat, terutama untuk kalangan anak muda. Melihat artikel yang diunggah oleh Medcom.id, bisnis coffee shop meningkat 20 persen pada tahun 2021. Banyaknya kompetitor mengharuskan pebisnis coffee shop meningkatkan strategi pemasarannya agar tetap bertahan dan mampu meningkatkan penjualannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisa bagaimana strategi komunikasi pemasaran pada media sosial Instagram. Dengan begitu hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran coffee shop Arkara melalui media sosial Instagram dalam membangun brand engagement. Pada penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran efektif (Machfoedz, 2010) dan fase terbentuknya engagement (Paine, 2011). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran efektif (Machfoedz, 2010) yang telah diaplikasikan oleh coffee shop Arkara melalui media sosial Instagram. Strategi tersebut telah mendorong terbentuknya engagement yang dikemukakan oleh Katie Paine (2011), mulai dari tahapan lurking, casual, active, committed, hingga pada tahapan terakhir yaitu loyalist, dimana followers atau konsumen sudah ter-engaged sepenuhnya dengan coffee shop Arkara.