Sumber daya manusia merupakan suatu hal yang sangat krusial dan dibutuhkan bagi perusahaan atau organisasi. Dengan adanya sumber daya manusia yang baik akan menjadikan perusahaan atau organisasi dapat berjalan dengan baik dan semestinya. Yayasan Pendidikan Telkom merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Pendidikan, memiliki Unit Finance & Risk Management yang mengurusi seputar Budgeting, Taxation, Accounting dan Risk Management & Financial Policy dalam lingkup internal Yayasan Pendidikan Telkom.
Salah satu hal yang cukup mempengaruhi sumber daya manusia yang ada di perusahaan yaitu Beban kerja, beban kerja yang optimal mencerminkan kualitas sumber daya manusia yang ada pada perusahaan, sehingga Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi beban kerja yang diterima sekaligus mengukur jumlah karyawan atau sumber daya yang optimal pada Yayasan Pendidikan Telkom khususnya dalam Sub unit Accounting.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, data diambil menggunakan angket serta divalidasi lagi dengan menggunakan wawancara untuk menganalisis beban kerja yang diterima oleh karyawan Sub Unit Accounting Finance & Risk Management, pendekatan deskriptif dilakukan untuk menggambarkan sebuah objek sesuai apa adanya kemudian membantu proses pengumpulan data yang dapat memberikan gambaran berupa karakteristik objek. Kemudian data yang telah didapat di analisis dengan menggunakan teknik analisis data Full Time Equivalent untuk mengukur beban kerja yang ada.
Hasil penelitian memperlihatkan terjadinya overload pada beberapa karyawan, dengan indikasi adanya pembagian beban tugas yang tidak merata sehingga adanya beban kerja berlebih pada salah satu karyawan di Sub unit Accounting.
Penelitian ini diharapkan dapat membantu mengevaluasi beban kerja yang diterima oleh para pegawai khususnya Sub unit Accounting Yayasan Pendidikan Telkom dan dapat menjadi acuan dalam menentukan kebutuhan sumber daya manusia yang optimal.
Kata Kunci: Beban Kerja, Sumber Daya Manusia, Full Time Equivalent.