PENGARUH SOCIAL RESPONSIBILITIES DAN ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITIES DARI JASA MARGA DALAM MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA

RIZQI AINA MANGGU

Informasi Dasar

146 kali
23.04.3849
363.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan semakin menjadi perhatian oleh beberapa negara khususnya yang telah bergabung ke dalam PBB. Dimana negara yang bergabung kedalam PBB perlu untuk mencapai 17 tujuan dari SDGs ini pada tahun 2030. Dalam mencapai SDGs seluruh pihak yang memiliki kepentingan perlu untuk melakukan kolaborasi yaitu para stakeholder dari SDGs dimana salah satunya adalah pelaku usaha. Jasa Marga selaku pelaku usaha telah menyadari bahwa bahwa SDGs merupakan aspek penting dalam proses bisnisnya dimana hal ini dicerminkan melalui visi, misi, dan proses bisnis perusahaan yang didasari oleh SDGs. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan terhadap pencapaian SDGs. Objek penelitian adalah Badan Usaha Jalan Tol di Indonesia yaitu Jasa Marga dengan ruang lingkup penelitian merupakan para karyawan Jasa Marga baik induk dan anak perusahaan. Penelitian ini akan meneliti pengaruh Social Responsibilities dan Environmental Responsibilities selaku variabel bebas yang akan mempengaruhi variabel terikat yaitu SDGs dengan peran variabel mediasi yaitu Organizational Effectiveness. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan metode kuantitatif menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) yaitu Partial Least Square (PLS) dalam mengolah data yang telah terkumpul pada program SmartPLS. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang telah terkumpul sebanyak 134 sampel melalui penyebaran kuesioner dengan waktu pelaksanaan one-shot cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Social Responsibilities dan Environmental Responsibilities dari Jasa Marga dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia dan adanya Organizational Effectiveness yang memediasi dari Social Responsibilities dan Environmental Responsibilities perusahaan dengan pencapaian SDGs serta didapatkan juga bahwa Organizational Effectiveness dapat mendukung pencapaian SDGs. Dengan demikian, penelitian ini dapat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari Social Responsibilities dan Environmental Responsibilities perusahaan dalam mendukung pencapaian SDGs di suatu wilayah.

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
ENVIRONMENTAL PROBLEMS,

Katalog

PENGARUH SOCIAL RESPONSIBILITIES DAN ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITIES DARI JASA MARGA DALAM MENCAPAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZQI AINA MANGGU
Perorangan
Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini