Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Urbans Travel

FIRGA ALIA MUMTAZA

Informasi Dasar

19 kali
23.04.3861
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi topologi yang unik menjadikan Kota Bandung banyak dikunjungi wisatawan, kebutuhan di bidang sektor jasa perjalanan seperti Travel juga semakin meningkat dan menimbulkan persaingan yang ketat. Salah satu Travel dengan rating rendah seperti Urbans Travel harus dapat memberikan pelayanan terbaiknya ketika berhadapan dengan pelanggan dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Urbans Travel.

Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan atau kelebihan yang diharapkan dari suatu pelayanan untuk memenuhi keinginan dari pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan merupakan semacam penilaian atau perilaku yang terjadi setelah pelanggan mengonsumsi suatu layanan. Penelitian ini menggunakan 5 dimensi service quality yang tediri dari tangibility, reliability, Responsiveness, assurance, empathy.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan tujuan penelitian deskriptif, karakteristik penelitian yang digunakan pada dimensi waktu cross sectional method, berdasarkan univ analisis individu. Sampel penelitian merupakan pelanggan dari Urbans Travel sejumlah 385 orang, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 29.0.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa empat dimensi dari kualitas pelayanan yakni assurance, reliability, empathy, responsiveness, serta tangible yang memiliki nilai yang positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dimensi yang berpengaruh paling besar yaitu dimensi tangible. Artinya jika pihak Urbans Travel meningkatkan dimensi tangible maka kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 51,0%

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar pihak Urbans Travel menetapkan baju seragam yang akan dipakai supir armada setiap hari, memperhatikan kerapian rambut dan penampilan supir armada sebelum melakukan perjalanan, menambah kaca ganda atau sekat pembatas antara supir armada dan penumpang, memberikan reclining seat yang bisa dirancang agar dapat diatur dalam posisi baring, memberikan personal AC dan juga reading light yang dapat diatur sesuai keinginan pelanggan, selalu melakukan service perawatan rutin pada semua armada yang beroperasi dan juga melakukan pembersihan armada setiap hari secara rutin.

 

Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, Urbans Travel.

Subjek

MARKETING SERVICES
SERVICE QUALITY,

Katalog

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Urbans Travel
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRGA ALIA MUMTAZA
Perorangan
Heppy Millanyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini