Trend fashion yang berkembang sangat pesat diakibatkan oleh cepatnya
penyebaran informasi melaui media sosial. Dengan maraknya trend fashion ini
memberikan banyak pengaruh bagi para masyarakat khususnya generasi muda yang
mudah terpengaruh dengan tren-tren yang muncul karena adanya kemajuan teknologi.
Erigo menjadi salah satu merek pakaian terbaik dan berkualitas tinggi di pasaran. Erigo
juga telah masuk dan bersaing di bisnis internasional sebagai salah satu brand
Indonesia di industri fashion global. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh electronic word of mouth pada media sosial instagram dan kualitas produk
terhadap purchase intention produk Erigo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode
nonprobability sampling jenis accidental sampling dengan jumlah responden
sebanyak 100 responden yang mengetahui produk Erigo. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel electronic word of mouth
termasuk dalam kategori baik dengan nilai persentase sebesar 82.2%, variabel kualitas
produk termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar 84.5%,
dan variabel purchase intention termasuk kedalam kategori baik dengan nilai
persentase sebesar 80.2%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa electronic
word of mouth dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap
purchase intention. Dan electronic word of mouth dan kualitas produk berpengaruh
simultan terhadap purchase intention dengan presentase sebesar 59.2% sedangkan
sisanya 40.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk, Erigo, Purchase Intention.
Trend fashion yang berkembang sangat pesat diakibatkan oleh cepatnya
penyebaran informasi melaui media sosial. Dengan maraknya trend fashion ini
memberikan banyak pengaruh bagi para masyarakat khususnya generasi muda yang
mudah terpengaruh dengan tren-tren yang muncul karena adanya kemajuan teknologi.
Erigo menjadi salah satu merek pakaian terbaik dan berkualitas tinggi di pasaran. Erigo
juga telah masuk dan bersaing di bisnis internasional sebagai salah satu brand
Indonesia di industri fashion global. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh electronic word of mouth pada media sosial instagram dan kualitas produk
terhadap purchase intention produk Erigo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode
nonprobability sampling jenis accidental sampling dengan jumlah responden
sebanyak 100 responden yang mengetahui produk Erigo. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel electronic word of mouth
termasuk dalam kategori baik dengan nilai persentase sebesar 82.2%, variabel kualitas
produk termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase sebesar 84.5%,
dan variabel purchase intention termasuk kedalam kategori baik dengan nilai
persentase sebesar 80.2%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa electronic
word of mouth dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap
purchase intention. Dan electronic word of mouth dan kualitas produk berpengaruh
simultan terhadap purchase intention dengan presentase sebesar 59.2% sedangkan
sisanya 40.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk, Erigo, Purchase Intention.