Komunitas merupakan salah satu pemangku kepentingan dalam membangun
branding selain pemerintah dan swasta dengan menjadi media pendukung
menyebarkan informasi mengenai city branding sesuai dengan ciri khas yang dimiliki
komunitas. Komunitas Aleut merupakan salah satu komunitas yang ada di Bandung
dengan berfokus pada wisata sejarah dan budaya dengan mengusung konsep heritage
walk pada kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Komunitas
Aleut dalam membangun pemahaman mengenai city branding Kota Bandung dengan
menggunakan konsep city branding, community based tourism dan teori budaya
organisasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan juga penggunaan
discourse network analysis dan visone dalam proses analisis data. Dalam pengumpulan
data melibatkan koordinator komunitas sebagai informan utama dan anggota
komunitas sebagai informan pendukung serta seorang dosen sebagai informan ahli.
Dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan Komunitas Aleut
berperan sebagai pemerhati kota dan menciptakan regenerasi yang paham akan Kota
Bandung.
Kata kunci: city branding, komunitas aleut, pemerhati kota, peran komunitas