PENGGUNAAN MEME MARKETING NETFLIX INDONESIA (Analisis Elemen Konten Meme pada Akun Instagram @netflixid Periode Januari-Desember 2022)

PUTU ADELLA VANINDYA KUSUMA

Informasi Dasar

467 kali
23.04.3919
621.380.413
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sejak kemunculannya, meme telah menjadi salah satu bagian besar bagi media sosial. Banyak jenis meme yang mulai menghiasi media sosial seperti meme motivasi, meme politik dan lainnya yang membuat meme semakin populer dan dikenal seluruh masyarakat terutama Generasi Z. Hal ini kemudian membuat meme melahirkan sebuah jenis baru atau bentuk lain yang disebut sebagai meme marketing. Meme marketing merupakan penerapan promosi produk atau layanan menggunakan sebuah meme, fenomena internet yang melibatkan potongan viral dari konten buatan pengguna, termasuk gambar, artikel dan audio. Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui bentuk penggunaan meme dalam konten pemasaran yang di analisis melalui tiga elemen Limor Shifman (2014) yaitu bentuk (form), konten (content) dan sikap (stance) serta bagaimana akun Instagram @netflixid menggunakan meme sebagai bentuk pemasaran digital mereka. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang didukung oleh paradigma strukturalisme dimana diharapkan penelitian ini dapat menggambarkan dan menjelaskan meme marketing akun Instagram @netflixid sebagai bentuk alternatif pemasaran digital. Hasil penelitian ini didapatkan tiga tema meme marketing pada akun Instagram @netflixid yaitu tema sosial, tema dialog dari film/series Netflix dan tema tokoh dan film/series Netflix. Meme marketing @netflixid didominasi oleh meme buatan sendiri dimana kreator meme menggunakan produknya sebagai objek dalam meme tersebut.


Kata kunci : meme marketing, pemasaran digital, analisis konten, media sosial marketing

Subjek

DIGITAL MEDIA
Marketing - analysis,

Katalog

PENGGUNAAN MEME MARKETING NETFLIX INDONESIA (Analisis Elemen Konten Meme pada Akun Instagram @netflixid Periode Januari-Desember 2022)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTU ADELLA VANINDYA KUSUMA
Perorangan
Adi Bayu Mahadian
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini