Self development merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebelum memasuki dunia karir, karena untuk melakukan pengembangan diri, tidak cukup jika hanya mendapatkan ilmu melalui pendidikan formal saja. Saat ini banyak konten yang membahas tentang self development, salah satunya ialah podcast ‘Self Dev by Andreas Bordes’. Hal ini menjadikan peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh podcast terhadap tingkat self development pada mahasiswa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian intact group comparison, dengan menyebarkan kuesioner kepada kedua kelompok mahasiswa Indonesia, hasilnya diklasifikasikan sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil klasifikasi bertujuan untuk melihat perbedaan antara kedua kelompok tersebut, peneliti melakukan pengujian hipotesis berupa uji mann-whitney untuk kedua kelompok responden, dengan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Selain itu kelompok eksperimen memiliki total skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan skor dari kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa podcast ‘Self Dev by Andreas Bordes’ memiliki pengaruh dalam meningkatkan self development mahasiswa Indonesia.
Kata Kunci: Podcast, Self development, Efek Media Massa.