ANALISIS KONTEN KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU USAHA MIKRO UMIN CORNER

KENNY RAFI PRATAMA

Informasi Dasar

266 kali
23.04.3928
006.701 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Hal yang harus diperhatikan dan menjadi fokus dalam menjalankan sebuah bisnis adalah kegitan promosi untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. Promosi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan dalam mengembangkan sebuah bisnis, baik bertujuan untuk brand awareness atau untuk menjaga ekstistensi produk atau jasa di pasar. Seiring dengan perkembangan teknologi modern saat ini, strategi dalam melakukan sebuah kegiatan promosi bertransformasi ke arah yang lebih modern. Penelitian ini mengambil fokus kepada analisis konten komunikasi pemasaran atau content marketing karena hal tersebut merupakan salah satu tombak pemasaran di media sosial untuk mencapai tujuan dari sebuah merek, baik itu memperkenalkan merek ataupun meningkatkan penjualan.

Paradigma penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian adalah paradigma interpretif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Umin Corner yaitu Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang melakukan strategi komunikasi pemasaran digital melalui konten media sosial. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Umin Corner melalui konten di media sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang dapat diaksanakan oleh peneliti daam penelitian ini yaitu menggunakan uji kredibiiltas triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha Umin Corner hanya menggunakan media sosial Instagram, Google My Business dan Whatsapp sebagai komunikasi dengan konsumen. Pemasaran UMKM Umin corner masih belum sepenuhnya mengarah ke pemasaran digital karena pelaku usaha belum sepenuhnya memiliki waktu dan belum sepenuhnya paham menjalankan tiap elemen konten pemasaran digital.

 

Kata Kunci : Analisis, Konten, Pemasaran Digital, UMKM, Pelaku Usaha Mikro

Subjek

UMKM
CONTENT ANALYSIS,

Katalog

ANALISIS KONTEN KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU USAHA MIKRO UMIN CORNER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KENNY RAFI PRATAMA
Perorangan
Indra Novianto Adibayu Pamungkas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • KII3J3 - PEMASARAN DAN INDUSTRI DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini