Klasifikasi Multilabel pada Teks Effect Kartu Monster Permainan Kartu Yu-Gi-Oh!

DANIT HAFIZ PAMUNGKAS

Informasi Dasar

93 kali
23.04.3984
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Yu-Gi-Oh! Trading Card Game adalah sebuah permainan kartu dimana pemain membangun deck, menyusun strategi dan menghubungkan kemampuan atau effect suatu kartu dengan kemampuan kartu lainnya. Saat ini terdapat lebih dari 10000 kartu berbeda dengan effect berbeda sehingga dapat menyulitkan untuk mencari kartu dengan effect tertentu yang cocok dengan strategi yang ingin dilakukan. Terdapat aplikasi resmi yang dapat mencari kartu, termasuk dengan cara mencari kemampuan dari kartu tersebut. Namun, aplikasi tersebut memiliki kekurangan pada mesin pencariannya yang sangat sederhana dan dapat menghasilkan false positive. Dalam penelitian ini dibangun klasifier multilabel yang dapat mengklasifikasikan effect kartu untuk membantu pencarian kartu, dan juga menentukan praproses yang tepat untuk klasifikasi ini. Dilakukan pendekatan transformasi problem dimana klasifikasi multilabel dipecah menjadi 6 klasifikasi biner sesuai banyaknya label. Lalu, prediksi klasifikasi biner tersebut digabungkan menjadi prediksi klasifikasi multilabel. Klasifikasi dengan menggunakan praproses penghapusan stop word menghasilkan micro average f1-score terbaik dengan nilai 0.54. Walaupun begitu, nilai ini kurang baik dan menunjukkan bahwa klasifier belum dapat melabeli data dengan baik, sehingga klasifier yang dibangun belum dapat membantu pemain mencari kartu dengan kelas effect yang sesuai harapan.

Subjek

KLASIFIKASI
 

Katalog

Klasifikasi Multilabel pada Teks Effect Kartu Monster Permainan Kartu Yu-Gi-Oh!
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANIT HAFIZ PAMUNGKAS
Perorangan
Kemas Muslim Lhaksmana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini