EARTHQUAKE DETECTOR SYSTEM

ZAKIA MAHBUB ABDULLAH

Informasi Dasar

13 kali
23.04.4021
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gempa bumi sering terjadi di Indonesia, hal ini dikarenakan Indonesia terletak tiga lempeng tektonik besar yaitu Australia, Eurasia dan Pasifik. Gempa bumi yang terjadi mengakibatkan banyaknya korban jiwa, kerusakan bangunan dan ancaman dampak sekunder. Sehingga dibutuhkannya  sistem peringatan gempa bumi agar daerah penduduk bencana gempa bumi lebih berantisipasi. 
Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah diperlukan suatu alat yang dapat mendeteksi, dapat dimonitoring dan terdapat perangkat peringatan untuk memberikan peringatan ketika terjadi adanya gempa bumi. Earthquake Detector System merupakan sistem pendeteksi maupun otomatisasi rumah pada bencana gempa bumi yang telah terjadi. Sistem ini dilengkapi dengan Ector Application yang digunakan untuk aplikasi monitoring dan peringatan notifikasi pada aplikasi ketika terjadinya gempa. Data yang dimonitoring merupakan data hasil pengolahan alat Earthquake Detector System.
Berdasarkan hasil implementasi dari Ector Application, aplikasi ini dapat memberikan notifikasi dengan delay sebesar 00:00:02 s atau 2 detik. Dalam pengujian usability, total storage yang digunakan pada aplikasi ini yaitu sebesar 18,74 pada Xiaomi Redmi 12 dan 18,17 MB pada Samsung A03 MB dengan storage awal pada peng-installan yaitu 8,5 MB.

Kata kunci— Earthquake, Detector, Application, Ector
 

Subjek

IOT
 

Katalog

EARTHQUAKE DETECTOR SYSTEM
 
xvii, 119p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAKIA MAHBUB ABDULLAH
Perorangan
Casi Setianingsih, Randy Erfa Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini