Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial merupukan salah satu sistem atau aturan yang di buat oleh pemerintah kepada setiap perusahaan demi memperhatikan kesadaran terhadap konsdisi lingkungan maupun sosial dimana aktivitas operasi perusahaan berjalan.
Penelitian ini bertujuan dalam mengetahui pengaruh dari struktur kepemilikan, profitabilitas, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun selama 2018-2022.
Penelitian ini menggunakan populasi dari perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Teknik dalam pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sample perusahaan pada penelitian ini sebanyak 16 perusahaan dengan periode selama 5 tahun. Maka demikian, penelitian ini memiliki unit observasi sebanyak 80. Dengan demikian, metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dan menggunakan bantuan aplikasi Eviews 12.
Hasil dari penelitian ini secara simultan bahwa variabel kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, profitabilitas, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara parsial kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan variabel kepemilikan manajerial dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.