Pada era digital saat ini diperlukan sebuah kemampuan ataupun keilmuan untuk menunjang karir di masa depan. Dengan adanya online course dapat membantu dalam membangun kemampuan baru dan mendalami sesuatu yang ingin dikuasai sehingga dapat mempermudah dalam pekerjaan yang diinginkan. Namun, terkadang dalam mengikuti online course ada suatu posisi dimana motivasi belajar untuk menyelesaikan course mengalami penurunan sehingga pembelajaran menjadi tertunda atau bahkan tidak selesai. Hal itu didukung dengan adanya survei pra-penerapan yang dibagikan ke 30 responden pengguna online course code Buildwithangga dan hasil yang didapat menunjukkan 60% responden memiliki tingkat motivasi sedang. Solusi yang bisa ditawarkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta online course adalah chatbot. Chatbot pada pembelajaran menawarkan pembelajaran yang interaktif, membantu untuk memahami materi secara efektif, mengatur waktu, guna meningkatkan motivasi belajar dan menyelesaikan course dengan waktu yang tidak lama. Dalam perancangan user experience dengan pendekatan chatbot, metode yang dipilih adalah design thinking. Design thinking memberikan solusi yang inovatif dan kreatif dari permasalahan yang telah ditentukan pengguna. Menggunakan metode Instructional Materials Motivation Survey (IMMS) sebagai evaluasi untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan pendekatan chatbot. Hasil pengujian sesudah penerapan chatbot menunjukkan peningkatan motivasi pengguna, terdapat 70% pengguna memiliki tingkat motivasi tinggi. Hasil juga menunjukkan dari pengujian motivasi belajar didapatkan peningkatan rata-rata motivasi dari 3.87 pada pra-penerapan menjadi 4.12 sesudah penerapan chatbot.