Perancangan Rekomendasi User Interface pada Aplikasi Marketplace UMKM Karanganyar Semarak Menggunakan Metode Goal-Directed Design

MUHAMMAD ADAM FIRJATULLAH

Informasi Dasar

155 kali
23.04.4106
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aplikasi Semarak merupakan aplikasi marketplace yang memberikan wadah bagi para pelaku UMKM Karanganyar agar dapat mempromosikan produk atau jasanya pada masyarakat global. Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh dari penyelenggara dan pengguna, hingga saat ini masih terdapat beberapa kebutuhan dan tujuan dari Diskominfo Karanganyar yang belum tercapai. Sehingga akan dilakukan pengembangan pada aplikasi Semarak. Rancangan antarmuka merupakan faktor penting dalam proses pengembangan aplikasi. Rancangan antarmuka yang baik adalah yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pengguna. Maka dari itu dalam penelitian ini dilakukan proses perancangan antarmuka dengan menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD), sehingga dapat menghasilkan rancangan antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari pengguna. Setelah rancangan antarmuka dibuat, peneliti melaukan pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) yang berisi 10 pertanyaan untuk mengevaluasi apakah rancangan antarmuka tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum. Berdasarkan hasil pengujian usability rancangan antarmuka aplikasi Semarak terbukti sesuai dengan tujuan dan kebutuhan penggunanya, didapatkan hasil pengujian dengan skor ratarata SUS adalah 83,5. Skor tersebut mengalami peningkatan sebesar 47,5 dari skor SUS aplikasi sebesar 36. Skor tersebut berada diatas rata-rata skor SUS pada umumnya, sehingga rancangan antarmuka aplikasi Semarak dapat direkomendasikan sebagai rancangan antarmuka untuk tahap pengembangan aplikasi Semarak.

Kata kunci : aplikasi semarak, marketplace, antarmuka, goal-directed design, usability, system usability scale.
 

Subjek

DESIGN USER INTERFACE
 

Katalog

Perancangan Rekomendasi User Interface pada Aplikasi Marketplace UMKM Karanganyar Semarak Menggunakan Metode Goal-Directed Design
 
viii, 71p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ADAM FIRJATULLAH
Perorangan
Indra Lukmana Sardi, Rosa Reska Riskiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CII4N3 - DESAIN INTERAKSI
  • CII3A3 - INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini