ANALISIS SOCIAL INFLUENCE, FINANCIAL LITERACY, DAN SAVING BEHAVIOUR PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

DWI LESTARI AYUNINGSIH

Informasi Dasar

149 kali
23.04.4181
332.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Financial literacy menjadi kebutuhan yang harus dimiliki untuk dapat mengatur keuangan dan membuat keputusan keuangan dengan bijak. Data menunjukkan bahwa di Indonesia tingkat financial literacy tergolong rendah sehingga menyebabkan masyarakat menjadi konsumtif. Didukung dengan hasil Survei Konsumen oleh Bank Indonesia yang memperoleh data bahwa di bulan Oktober 2022, hanya sebesar 15,70% dari seluruh pendapatan yang ditabungkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa masih rendahnya tingkat financial literacy dan saving behaviour di kalangan masyarakat Indonesia.

Mahasiswa sebagai salah satu elemen dalam masyarakat dengan rentang usia 18 sampai 25 tahun, memiliki pemahaman yang rendah terkait dengan financial literacy. Sehingga, cenderung belum memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik dan menjadi konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosial yang terdiri atas parental influence dan peer influence terhadap tingkat financial literacy dan saving behaviour dengan self-control sebagai variabel moderator pada mahasiswa di Kota Bandung.

Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, yang mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 400 mahasiswa berusia 18 sampai 25 tahun di Kota Bandung. Uji validitas konvergen dan validitas diskriminan digunakan sebagai uji validitas konstruk, dan dilakukan pada 30 sampel. Metode pengujian reliabilitas meliputi Cronbach's Alpha dan Composite Reliability. Metode Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varian dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) digunakan sebagai teknik untuk melakukan proses analisis data.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa parental influence mempunyai pengaruh terhadap financial literacy, peers influence mempunyai pengaruh terhadap tingkat financial literacy, financial literacy mempunyai pengaruh terhadap saving behaviour, financial literacy memediasi hubungan antara parental influence dan saving behaviour, financial literacy memediasi hubungan antara peer influence dan saving behaviour, self-control memoderasi hubungan financial literacy terhadap saving behaviour.

 

Kata Kunci: Mahasiswa, Parental Influence, Peer Influence, Financial literacy, Self-control, Saving Behaviour.

Subjek

EDUCATION-FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS SOCIAL INFLUENCE, FINANCIAL LITERACY, DAN SAVING BEHAVIOUR PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI LESTARI AYUNINGSIH
Perorangan
Andrieta Shintia Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SI223014 - FINANCIAL MANAGEMENT
  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini