Dari masa ke masa kemajuan teknologi terus berkembang, teknologi informasi ini sudah banyak digunakan untuk memproses, mengolah data, dan menganalisis data untuk menghasilkan data atau informasi yang relevan, cepat, jelas, dan akurat. Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju penggunaan pemasaran melalui media sosial menjadi pilihan utama untuk dilakukan oleh pelaku usaha. Saat ini pelaku usaha dituntut untuk mengubah strategi pemasaran menjadi digital. Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah media sosial Instagram dikarenakan Instagram merupakan media yang penuh dengan visual dan memiliki berbagai fitur menarik yang dapat dimanfaatkan dalam proses pemasaran atau layanan serta banyak digunakan oleh generasi milenial dan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masa kini untuk menjalankan kegiatan pemasaran atau layanan usaha mereka.
UMKM Kampoeng Radjoet menyediakan berbagai macam produk dan memberikan layanan mengenai edukasi seputar rajut. Dengan adanya media sosial Instagram Merajut Asa perlu adanya pembuatan konten marketing. Konten ini akan berisi tentang konten kegiatan kunjungan dan konten lainnya seputar rajut. Sesuai dengan tujuan penulis pada penelitian ini, maka pada penelitian ini penulis akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif agar mengetahui bagaimana perancangan, penerapan, dan evaluasi konten marketing dalam media sosial Instagram Merajut Asa pada UMKM Kampoeng Radjoet tahun 2023.
Kata Kunci: konten marketing, Instagram, UMKM