Telkom University atau biasa dikenal dengan Tel-U merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Telkom University menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap dan berkualitas. fasilitas parkir merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting dan saling berhubungan dengan fasilitas lainnya. Saat ini pihak logistik selaku pengelola fasilitas parkir tidak memiliki metode pengumpulan data. Tanpa adanya metode pengumpulan dan pengelolaan data yang terstruktur, informasi terkait penggunaan parkir sulit untuk didapatkan. Hal tersebut juga mengakibatkan pihak logistik tidak dapat melakukan analisa tingkat okupansi dan analisa jam – jam sibuk yang terjadi pada parkir Telkom University.
Dalam perancangan sistem ini, metode yang digunakan adalah metode pengembangan sistem waterfall. Penggunaan metode ini memiliki 5 tahapan yaitu tahap perencanaan, analisis, design, implementasi, dan pengujian. Untuk metode yang digunakan sebagai pengujian sistem adalah blackbox testing dan user acceptance test (UAT).
Hasil perancangan dari Tugas Akhir ini adalah sistem informasi manajemen fasilitas parkir Telkom University. Sistem ini memiliki menu dan fitur yang dapat menampilkan berbagai informasi mengenai data lahan parkir, data penggunaan parkir, data pemanfaatan lahan parkir yang dapat digunakan untuk kepentingan acara, dan fitur pencarian data.
Sistem informasi ini dapat memudahkan pihak logistik selaku problem owner dalam melakukan pengumpulan dan pengelolaan data. Sistem juga dapat digunakan untuk pembuatan laporan penggunaan parkir secara periodik. Data yang tersimpan dapat dijadikan sebagai bahan analisis dan pengambilan keputusan pihak logistik.